Sebagai institusi pendidikan tinggi yang berkualitas, penyelenggaraan kerjasama dengan institusi mitra baik di dalam maupun di luar negeri merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan di Fakultas Ekonomi UM Jember serta mendukung peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh seluruh civitas akademika Fakultas Ekonomi UM Jember.

Berdasarkan sifat kerjasama yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi UM Jember dengan institusi mitra terdapat dua jenis kerjasama, yakni kerjasama akademik dan kerjasama non akademik.

1. Kerjasama Akademik

Merupakan kerjasama yang dilakukan dalam rangka mengembangkan tridharma perguruan tinggi, yaitu kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

a. Kerjasama Akademik Program Studi

Merupakan kerjasama antara program studi Manajemen di Fakultas Ekonomi UM Jember dengan institusi pendidikan di dalam dan luar negeri terkait dengan pengembangan kurikulum dan pengembangan program studi. Kerjasama yang sudah dilakukan dengan institusi dalam negeri adalah FEB Universitas Jember, Univ. Tujuh Belas Agustus 1945 Banyuwangi, STIE Mandala Jember, FE Univ. Moch Seruji Jember, dan lain-lain. Sedangkan kerjasama dengan institusi luar negeri adalah University Utara Malaysia, The Salam Humanitarian Inititatif for Equity Local Development, Philipines, dan lain-lain.

b. Pendukung Akademik

Merupakan kerjasama yang dilakukan antara Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UM Jember dengan institusi/korporasi/yayasan/lembaga maupun perorangan dengan tujuan untuk mendukung kegiatan akademik dan kemahasiswaan. Kerjasama yang telah dilakukan diantaranya dengan Balai Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Kaliwining Jember, Dinas Koperasi dan UMKM Jember, BRI Syariah Jember, Otoritas Jasa Keuangan Jember, Bank Indonesia wilayah Jember, RRI Jember, dan lain-lain.

2. Non Akademik

Kerjasama non akademik merupakan kerjasama yang dilakukan dalam rangka meningkatkan sumber-sumber penerimaan Fakultas dalam rangka mendukung pendanaan aktivitas akademik di Fakultas Ekonomi UM Jember

a. Kerjasama Bisnis

Merupakan kerjasama bisnis yang saling menguntungkan antara Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UM Jember dengan berbagai pihak lain dalam rangka meningkatkan penerimaan yang bersumber dari non biaya pendidikan. Kerjasama yang dilakukan diantaranya dengan Dafam Hotel Manajemen, Aston Hotel, dan lain-lain.

b. Kerjasama Sponsorship

Kerjasama sponsorship merupakan pemberian hibah/donasi/sponsor dari institusi/korproasi/yayasan/lembaga maupun perorangan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur penunjang kegiatan belajar mengajar di Fakultas Ekonomi UM Jember. Kerjasama yang dilakukan antara lain dengan Rahayu Travel, PT Jawa Pos Radar Jember, dan lain-lain.

Visi :

Pada Tahun 2030 Menjadi Pusat Pengembangan Ilmu Manajemen Bisnis di Indonesia Yang Bernafaskan Nilai-Nilai Keislaman.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu berbasis pengembangan ilmu manajemen bisnis.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu berbasis pengembangan ilmu manajemen bisnis.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang bermutu berbasis manajemen bisnis.
  4. Menyelenggarakan kerjasama bidang pengembangan manajemen bisnis di tingkat regional, nasional, dan internasional.
  5. Menyelenggarakan Al Islam dan Kemuhammadiyahan berbasis ekonomi dan manajemen.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan bermutu yang memiliki kompetensi berbasis pengembangan ilmu manajemen bisnis.
  2. Menghasilkan penelitian bermutu yang berbasis pengembangan ilmu manajemen bisnis.
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat yang bermutu, berbasis pengembangan ilmu manajemen bisnis.
  4. Menghasilkan kerjasama bidang pengembangan manajemen bisnis di tingkat regional, nasional, dan internasional.
  5. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkepribadian islami.

 

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember berdiri sesuai SK pendirian Fakultas No: 359/DIKTI/Kep/2000 tanggal 2 Oktober 2000. Visi Prodi Psikologi adalah menjadi pusat pengembangan psikologi berbasis budaya pandhalungan bernafaskan nilai-nilai keislaman pada skala nasional Tahun 2030. Prodi Psikologi sebagai penyelenggara pendidikan psikologi menetapkan diri dalam pengembangan psikologi berbasis budaya Pandhalungan yang berkonskuensi pada pelaksanaan Catur Dharma Purguruan Tinggi. Mengacu pada pernyataan visi tersebut, maka penciri kompetensi lulusan S1 Psikologi tercermin dalam aspek berikut : mengembangkan kemampuan analisis kebutuhan dan permasalahan psikologis individu maupu kelompok berdasarkan ilmu pengetahuan (asesmen) serta mengembangkan keterampilan penyelesaian masalah psikologis ( intervensi) yang sensitive budaya, terutama budaya pandhalungan. Misi Prodi Psikologi UM Jember adalah menyediakan tenaga yang kompeten dalam bidang psikologi yang peka budaya, serta mampu bersaing pada tingkat nasional, melalaui penyelenggaraan dan pengembangan catur dharma perguruan tinggi yang selaras dengan nilai-nilai keislaman. 

Untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran yang berlangsung saat ini, sangat diperlukan dukungan pelayanan yang berbasis teknologi informasi. Berbagai sistem yang diperlukan untuk peningkatan layanan kepada semua pihak, Program Studi Psikologi juga telah melakukan pembenahan diri dengan fokus peningkatkan kapasitas dan mutu pelayanan kepada mahasiswa melalui e-Learning dalam pelaksanakan kegiatan pembelajaran dan memaksimalkan Sistem Informasi Akademik sebagai media informasi terkait kegiatan akademik yang dilaksanakan di Program Studi Psikologi.

Tentu para pimpinan Program Studi sangat berharap agar semua pihak dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi akademik yang tersedia untuk proses belajar mengajar, meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan, penyebaran hasil karya penelitian dan inovasi dosen serta mahasiswa di Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember.

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Search